KATA-KATA BIJAK DAN MOTIVASI

GANTI JENIS DAN BENTUK HURUF

Senin, 26 Desember 2011

9 PRINSIP SUKSES DARI PERUSAHAAN RAKSASA VIRGIN



Oke, buat yang belum tau siapa si Richard Branson ini, saya kasih beberapa clue. Dia ini adalah pengusaha Inggris berusia 55 tahun, salah satu orang terkaya versi majalah Forbes (tahun 2006 masih di posisi 245), pendiri perusahaan raksasa Virgin Group (Virgin Atantic Airways, Virgin Music, Virgin Island Resort, dlsb), penakluk samudera atlantik dengan balon udara, dan masih banyak lagi pencapaian2 spektakuler dia yang diceritakan di buku ini.

Oiya, ada lagi yang lebih spektakuler buat saya. Ternyata semua pencapaiannya itu dia raih tanpa ijazah SMU. Can you believe it?? He doesn’t even graduate from Senior High School!!! Luar biasa ya...

Pokoknya buat temen2 yang tertarik sama dunia entrepreneur, buku ini WAJIB kamu baca!! Buat saya sih, buku ini sangat mencerahkan dan menginspirasi banget. Buku ini bisa dibilang autobiografi dari Richard Branson. Setelah membaca buku ini kita bisa mengetahui bagaimana kisah hidup dia sampai menjadi sosok seperti sekarang ini, kita bisa menyelami cara berpikir dia, filosofi hidup dia, dan yang paling penting kita bisa mengambil banyak pelajaran tentang bagaimana seorang entrepreneur sejati mengambil keputusan2 penting dalam hidupnya.

Berikut adalah salah satu fakta menarik yang saya temukan di buku ini :

Richard Branson memulai ‘karir’ entrepreneurnya pada saat dia berumur 16 tahun, pada saat bersekolah di Stowe School (SMU). Waktu itu dia menerbitkan majalah Student, dan selain owner dia menjadi editor majalah itu. Tau ngga alasan dia bikin majalah sekaligus mengangkat dirinya sendiri sebagai editor di majalah itu??

Ternyata, selama bersekolah dia menemukan bahwa membaca dan menulis adalah hal yang terlalu sulit baginya. Pada masa itu orang belum paham tentang kelainanyang disebut disleksia, maka yang terpikir oleh guru2 dan orang2 sekitarnya adalah bahwa dia seorang pemalas. 
 
Nah, itu yang menjadi salah satu motivasi baginya hingga dia memutuskan untuk mendirikan dan mengelola majalah Student. Dia ingin membuktikan kepada orang2 bahwa dia sanggup ‘menaklukan’ bidang yang sebenernya jadi titik lemah dia. Bayangkan, pada usia semuda itu dia sudah menantang dirinya sendiri untuk menaklukan kelemahan dia. 
 
Dia membuktikan bahwa penderita kelainan disleksia juga BISA sukses dalam bidang yang berhubungan erat dengan dunia tulis dan baca. Dia sudah membuktikan bahwa kelemahan bukanlah penghalang buat kita untuk melakukan hal2 yang luar biasa. Dia tidak bersembunyi dibalik kelemahan dia. Kelemahan bukanlah penghalang buat kita untuk sukses!!

Justru karena kelemahan itulah dia bertekad menghafal pelajaran apapun yang dia dengar, sehingga kini dia mempunyai daya ingat yang sangat bagus dan itu menjadi salah satu alat paling berharga buat dia dalam bisnis.

Nah, dari ‘fakta kecil’ itu saja kita sudah bisa mengetahui bagaimana luar biasanya karakter si Richard Branson ini. Masih banyak lagi ‘fakta kecil’ menarik lainnya yang diceritakan dalam buku ini, yang bisa jadi sumber inspirasi buat kita. Seperti bagaimana awal mulanya dia mendapatkan ide untuk mendirikan Virgin Atlantic Airways, atau ketika dia berpura2 jadi orang kaya yang ingin membeli suatu pulau padahal itu hanya ‘akal bulus’ dia supaya bisa bertamasya keliling pulau dengan gratis :-D

Oiya, point paling penting dalam buku ini tentu saja adalah prinsip2 sukses yang dibagi oleh Richard Branson kepada pembacanya, which are :
  1. Kerjakan Saja!
  2. Bersenang-senanglah!
  3. Jadilah Pemberani
  4. Tantang Diri Sendiri
  5. Berdiri di Atas Kaki Sendiri
  6. Nikmati Setiap Detik Anda
  7. Hargai Teman dan Keluarga
  8. Bersikap Hormat
  9. Berusaha Berbuat Baik
Pokoknya gak bakal rugi deh baca buku ini, I highly recommend this book for you entrepreneur-mania. Mantaaabh meeenn !! :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seberapa sukakah anda dengan pelajaran ekonomi ?

HOSTING GRATIS