KATA-KATA BIJAK DAN MOTIVASI

GANTI JENIS DAN BENTUK HURUF

Jumat, 30 Desember 2011

GEORGE STIGLER (PERAIH NOBEL EKONOMI TAHUN 1982)


George Stigler adalah seorang Ekonom AS yang lahir di Renton, pinggiran kota Seattle, Washington pada tahun 1911. Dia melakukan sekolah di Seattle yaitu University of Washington dan lulus pada tahun 1931 dan kemudian melanjutkan studinya di Northwestern University dari mana ia memperoleh gelar MBA pada tahun 1932. Dia memenangkan Nobel Memorial Prize in Economic Sciences pada tahun 1982. Ia merupakan pemimpin utama Chicago Shool of Economics bersama teman dekatnya Milton Friedman.

Stigler terkenal dengan pengembangan teori ekonomi regulasi (Economic Theory Regulation). Ia menjelaskan bahwa kepentingan kelompok dan peserta politik lainnya akan menggunakan kekuatan peraturan dan memaksa pemerintah untuk membentuk undang-undang dan peraturan dengan cara yang bermanfaat bagi mereka. Dia juga melakukan penelitian yang luas dalam sejarah pemikiran ekonomi. Kontribusi Stigler yang terpenting terhadap perekonomian disosialisasikan dalam monumentalnya berjudul “The Economics of Information”. Pada artikel ini, Stigler menekankan pentingnya informasi dengan menulis. "…One should hardly have to tell academicians that information is a valuable resource: knowledge is power. And yet it occupies a slum dwelling in the town of economics…"

Dalam bukunya yang berjudul The Intelektual dan Marketplace, misalnya, ia mengusulkan Hukum Permintaan dan Penawaran Elastisitas Stigler / Stigler's Law of Demand and Supply Elasticities bahwa "semua kurva permintaan adalah inelastis dan semua kurva penawaran yang elastis juga. "

Pengalaman mengajar nya dimulai tahun 1936 di Iowa State College di mana dia mengajar sampai tahun 1938. Dia menghabiskan banyak Perang Dunia II di Columbia University, melakukan penelitian matematika dan statistic untuk Proyek Manhattan, kemudian menghabiskan satu tahun di Brown University dan menjabat di fakultas Columbia 1947-1958. Dia juga menerima National Medal of Science pada tahun 1987.

George J. Stigler meninggal pada 1 Desember 1991

Jadi, dengan kata lain, Stigler menghabiskan hampir seumur hidupnya untuk perkembangan ilmu perekonomian yang sangat berperan untuk dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seberapa sukakah anda dengan pelajaran ekonomi ?

HOSTING GRATIS