KATA-KATA BIJAK DAN MOTIVASI

GANTI JENIS DAN BENTUK HURUF

Jumat, 30 Desember 2011

PAUL KRUGMAN (PERAIH NOBEL EKONOMI TAHUN 2008)


Ekonom AS, Paul Krugman memenangkan penghargaan Nobel Ekonomi. Profesor dari Universitas Princenton itu berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi atas analisisnya terhadap pola perdagangan.

Menurut Dewan Juri Nobel, Krugman, 55 tahun, berhasil memformulakan teori bahwa yang memperhitungkan efek dari perdagangan bebas dan globalisasi sebagai faktor di balik pendorong urbanisasi di berbagai belahan dunia.

"Pendekatan Krugman berdasarkan pada dasar pemikiran bahwa banyak barang-barang dan jasa yang dapat diproduksi lebih murah dalam serial yang panjang, sebuah konsep umum yang dikenal sebagai skala ekonomi," jelas juri Nobel, sebagaimana dikutip dari AFP, Senin (13/10/2008).

Tidak seperti teori perdagangan tradisional yang mengasumsikan bahwa perbedaan antar negara menjelaskan kenapa beberapa negara mengekspor produk pertanian sementara lainnya mengekspor barang-barang industri. Namun teori Krugman mengklarifikasi kenapa perdagangan di seluruh dunia faktanya didominasi oleh negara-negara yang tidak hanya memiliki kesamaan kondisi, tapi juga memperdagangkan produk yang sama.

Krugman telah memformalkan kebijakan perdagangan dunia baru yang membantu untuk menjelaskan bahwa globalisasi cenderung menjadi sebuah konsentrasi, baik dalam istilah apa basis yang dibuat manufaktur dan dimana lokasinya. Teorinya menunjukkan bahwa globalisasi cenderung untuk meningkatkan tekanan hidup masyarakat kota, dan membuat orang-orang terdorong ke pusat konsentrasi.

"Teori Krugman menunjukkan bahwa hasil dari proses ini adalah bahwa sebuah wilayah dapat terbagi menjadi kota inti berteknologi tinggi dan lingkungan sekitarnya yang kurang berkembang," tambah Juri.

Krugman dikenal sebagai pengkritik tajam Presiden George Walker Bush melalui berbagai artikelnya di New York Times. Dia juga telah menerbitkan lusinan buku dan ratusan artikel, teritama tentang perdagangan internasional dan keuangan dunia dan dikenal sebagai pencetus "New Economic Geography".

Lahir di Long Island, AS pada 28 Februari 1953, Krugman meraih gelar PhD dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). Ia juga mengajar di Universitas Yale, the London School of Economics, Stanford dan MIT. Selain menerbitkan kolum dua mingguan, Krugman juga pernah menjabat sebagai penasihat Dewan Ekonomi AS.

Apa tanggapan dari kolumnis New York Times yang produktif tersebut atas penghargaan ini?

"Saya seseorang yang memiliki kepercayaan besar untuk terus bekerja. Saya harap penghargaan ini tidak banyak mengubah segala sesuatunya," ujar Krugman dalam wawancaranya dengan televisi Swedia, sesaat setelah menerima penghargaan,

Tahun lalu, trio dari AS Leonid Hurwicz, Eric Maskin dan Roger Myerson memenangkan penghargaan bergengsi ini, karena dianggap telah menjadi perintis bagi mekanisme perdagangan yang ditujukan untuk membuat pasar lebih efisien. Rencananya, upacara pemberian penghargaan Nobel ini akan digelar di Stockholm dan Oslo pada 10 Desember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seberapa sukakah anda dengan pelajaran ekonomi ?

HOSTING GRATIS